Minggu, 08 Maret 2015

Tugas kearsipan



Teman –teman sekarang saya akan memberikan referensi mengenai kegiatan yang strategis dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

·         Kegiatan tersebut bermanfaat tinggi bagi :
a)      Kesehatan
Jogging adalah salah satu bentuk latihan kardio yang paling popular serta murah dan mudah, sehingga bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Dengan berjogging, maka tubuh akan “dipaksa” untuk bekerja keras, untuk menjaga agar metabolisme selalu terjaga. Menurut ahli kesehatan, jogging ternyata sangat berguna untuk menurunkan berat badan, selain itu ternyata latihan ini juga dapat memberikan kesegaran secara psikis. Di sisi lain, jogging berfungsi untuk membuat jantung kuat dan memperlancar peredaran darah juga pernafasan, jogging juga dapat mempercepat sistem pencernaan, meningkatkan kapasitas bekerja, membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan, mengencangkan otot kaki, paha dan punggung, juga membuat tidur lebih nyenyak.

 


b)     Pendapatan
Salah satunya yaitu toko online. Toko online adalah sarana  atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung dapat melihat barang – barang di toko online anda yang berupa foto – foto.

Keuntungan toko online dibanding offline:
Pertama keuntungannya tentu sangat banyak, disamping pengunjung yang datang adalah yang betul – betul berminat dengan product anda. Anda tidak perlu dibuat repot membuat famflet ataupun membuat iklan – iklan di media offline.

Kedua, toko online tidak harus ditunggu, bahkan anda tinggal menerima order jika ada pelanggan yang berminat dengan product anda.

Dan ketiga yaitu toko online sarana paling efektif untuk promosi di zaman kemajuan tekhnologi. Karena saat ini internet dapat diakses dimanapun, bahkan lewat HP.

Kelebihan toko online:
·         Tidak terikat waktu dan tempat
·         Pemasaran sangat luas
·         Media promosi yang efektif
·         Modal dan biaya operasional yang relative.


 

c)      Perkantoran
Salah satu yang paling strategis dalam kegiatan perkantoran yaitu Kantor pos, Kantor pos adalah fasilitas fisik tidak bergerak untuk melayani penerimaan, pengumpulan, penyortiran, transmisi, dan pengantaran surat dan paket pos.

Kantor pos menjual benda – benda pos dan filateli, seperti perangko,kartu pos, amplop, dan perlengkapan untuk membungkus paket. Di beberapa Negara, kantor pos berfungsi sebagai tempat penerimaan aplikasi paspor, pengiriman wesel pos atau money order, penjualan asuransi, pemesanan barang, serta layanan giropos dan perbankan.

Kantor pos dibantu bis surat dan unit layanan bergerak seperti pos keliling di kota atau desa. Kantor pos juga memiliki layanan penyewaan computer yang terhubung ke internet.

 Hasil gambar untuk kantor pos

d)     Budaya
Kuda Renggong merupakan salah satu seni pertunjukan rakyat yang berasal dari Sumedang. Kata “renggong” di dalam kesenian ini merupakan metatesis dari kata ronggeng yaitu kamonesan (bahasa sunda untuk “keterampilan”) cara berjalan kuda yang telah dilatih untuk menari mengikuti irama music  terutama kendang, yang biasanya dipakai sebagai media tunggangan dalam arak – arakan anak sunat.

Sejarah
Menurut tuturan beberapa seniman, Kuda Renggong muncul pertama kali dari desa Cikurubuk Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang. Di dalam perkembangannya kuda renggong mengalami perkembangan yang cukup baik, sehingga tersebar ke berbagai desa di beberapa kecamatan di luar kecamatan Buah Dua. Dewasa ini, kuda renggong menyebar juga ke daerah lainnya di luar kabupaten Sumedang.

Pertunjukan kuda renggong dilaksanakan setelah anak sunat selesai di upacarai dan diberi do’a, lalu dengan berpakaian wayang tokoh Gatotkaca, pangeran pakaian khas sunda dengan ciri menggunakan bendo ( sejenis topi mirip blankon), putri kerajaan penunggang perempuan di dandani layaknya putrid raja, ada juga pakaian yang mewakilkan budaya baru seperti peri bersayap layaknya dongeng dari negri barat, dinaikan ke atas kuda renggong lalu diarak meninggalkan rumahnya berkeliling, mengelilingi desa.

Music pengiring dengan penuh semangat mengiringi sambung menyambung dengan tembang – tembang yang dipilih, antara lain Kaleked, Mojang Geulis, Rayak –rayak, Ole – ole Bandung, Kembang Beureum, Kembang Gadung, Jisamsu, dll. Sepanjang jalan kuda renggong bergerak menari dikelilingi oleh sejumlah orang yang berdiri dari anak – anak, juga remaja desa, bahkan orang – orang tua mengikuti irama music yang semakin lama semakin meriah. Panas dan terik matahari seakan – akan tak menyurutkan mereka untuk terus bergerak menari dan bersorak sorai memeriahkan anak sunat. Kadangkala diselingi dengan ekspose kuda renggong menari, semakin terampil kuda renggong tersebut penonton semakin bersorak dan bertepuk tangan. Seringkali juga para penonton yang akan kaul dipersilahkan ikut menari.


Hasil gambar untuk kuda renggong

Hasil gambar untuk kuda renggong 


Hasil gambar untuk kuda renggong

 Hasil gambar untuk kuda renggong

Kerja bakti merupakan suatu bentuk kegiatan bersama anggota suatu masyarakat untuk menyelesaikan suatu proyek yang dianggap berguna untuk kepentingan umum. Kerja bakti mempunyai banyak kegunaan, yaitu:

1)      Mudah dilaksanakan
Sasaran kegiatan ini diantaranya yaitu memperbaiki saluran air untuk persawahan, memperbaiki jalan atau jembatan, membersihkan lingkungan pemukiman, membangun atau memperbaiki tempat ibadah, dll. Kegiatan – kegiatan tersebut akan sangat ringan jika dilakukan secara bersama – sama, selain itu kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang sudah tidak asing bagi para ibu – ibu rumah tangga dan para petani. Kenapa? Karena kegiatan kerja bakti ini tidak jauh dari mencangkul dan menyapu.


 Hasil gambar untuk kerja bakti membersihkan selokan
2)      Biaya yang dikeluarkan cukup ringan
Dalam kegiatan kerja bakti warga masyarakat bisa iuran dalam menjaga lingkungan atau bahkan sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, karena biaya sudah di danai oleh Desa, dan masyarakat hanya tinggal menjalankan dan membenahi saja.

 Hasil gambar untuk kerja bakti jembatan

3)      Dilaksanakan secara umum
Kerja bakti timbul dan terlaksana karena inisiatif masyarakat itu sendiri atau karena adanya intruksi dari atasan atau pemimpin. Kerja bakti dilakukan oleh bapak – bapak, ibu – ibu atau bahkan anak muda yang tergabung dengan karang taruna. 

 Hasil gambar untuk kerja bakti

Itulah beberapa referensi kegiatan yang strategis dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Kembangkan kegiatan kerja bakti, karena dengan kerja bakti kita bisa bersilaturahmi dengan masyarakat dan memperpanjang tali persaudaraan. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar