Rabu, 01 April 2015

Jawaban UAM Kearsipan


1.      Undang – Undang No. 43 Thn 2009 tentang Kearsipan memberikan aturan dan pedoman kearsipan yang jelas, bagaimana rumusan menurut UU tersebut.
Jawab  :
Undang – Undang No. 43 thn 2009 tentang kearsipan, dikatakan bahwa arsip adalah rekaman / peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh Negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2.      Jelaskan pendapat saudara tentang fungsi dan nilai guna arsip pada suatu organisasi?
Jawab :
Fungsi arsip :
Ø  Arsip Dinamis yaitu arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan dan disimpan dalam waktu tertentu.
Ø  Arsip Statis yaitu arsip yang dihasilkan oleh pencipta karena memiliki nilai.
Ø  Arsip aktif yaitu arsip penggunaannya terus – menerus.
Ø  Arsip inaktif yaitu arsip yang penggunaannya telah menurun
Nilai guna dibedakan menjadi dua :
v  Nilai guna primer yaitu nilai arsip yang didasarkan pada kegunaan untuk kepentingan lembaga / instansi pencipta atau yang menghasilkan arsip. Nilai guna primer meliputi :
·         Nilai guna administrasi
·         Nilai guna hukum
·         Nilai guna keuangan
·         Nilai guna ilmiah
v  Nilai guna sekunder yaitu nilai arsip yang didasarkan pada kegunaan arsip sebagai kepentingan lembaga / instansi lain, dan atau kepentingan umum di luar instansi pencipta arsip, serta kegunaannya sebagai bahan bukti pertanggungjawaban kedapa masyarakat / nasional. Nilai guna sekunder meliputi :
·         Nilai guna pembuktian
·         Nilai guna informasi

3.      Jelaskan pendapat saudara tentang penggolongan arsip baik paper records, audio visual records, machine – readable – records dan arsip mana yang paling sering digunakan sebagai pembuktian hukum untuk legalitas ataupun sebagai bukti sejarah?
a)      Arsip paper records yaitu arsip – arsip berupa teks yang ditulis di atas kertas.
b)      Arsip audio visual records yaitu merupakan arsip yang dapat dilihat dan didengar.
c)      Arsip machine readable records merupakan arsip – arsip yang disimpan dan diolah didalam suatu format, dimana hanya computer yang dapat memprosesnya.
Arsip yang paling sering digunakan sebagai pembuktian hukum untuk legalitas ataupun bukti sejarah adalah arsip paper records.

4.      Sistem pengelolaan kearsipan terbagi menjadi dua yaitu sentralisasi dan desentralisasi, berikan pendapat kedua tersebut dan mana yang paling cocok digunakan di lembaga Pemerintah Daerah dan Lembaga Pendidikan Swasta.
Jawab :
a)      Sistem Sentralisasi dimana semua sistem dibuat di pusat. Sedangkan kelemahannya adalah dimana seluruh keputusan atau kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang – orang yang berada di pemerintahan pusat sehingga waktu untuk memutuskan sesuatu akan lama. Cocok untuk pemerintahan daerah.
b)      Sistem Desentralisasi keputusan yang dibuat akan lebih dekat dan mudah, cara yang baik untuk melatih dan mengembangkan manajemen junior. Kelemahannya pengambilan keputusan tidak selalu strategis, sulit untuk mencapai kontrol keuangan. Cocok untuk Lembaga Pendidikan Swasta.

5.      Salah satu kegiatan kearsipan adalah Filling, apa pengertian dari Filling dan bagaimana metode penyimpanan yang sistematis arsip dapat dengan mudah digunakan.
Jawab :
Filling adalah salah satu kegiatan pokok dalam bidang kearsipan. Filling dapat diartikan suatu proses penciptaan. Pengumpulan, pemeliharaan, pengaturan, pengawasan, penyusunan, dan penyimpanan.
Sistem penyimpanan yang sesuai diantaranya :
a)      Sistem abjad merupakan suatu sistem dan penemuan kembali warkat – warkat berdasarkan abjad
b)      Sistem masalah merupakan suatu sistem penemuan dan penyimpanan kembali menurut isi pokok atau perihal surat
c)      Sistem nomor merupakan pemberian nomor yang terdapat pada folder
d)      Sistem tanggal merupakan penyimpanan surat berdasarkan tanggal, hari, bulan / tahun tanggal dijadikan kode surat
e)      Sistem wilayah merupakan penyimpanan berdasarkan daerah / wilayah surat yang diterima.

6.      Jelaskan dari jenis arsip berdasarkan nilai guna, dan pada kondisi apa saja nilai guna tersebut dapat menjadi sangat krusial?
Jawab :
Ditinjau dari segi kepentingan pengguna, arsip dapat dibedakan atas :
a)      Nilai guna primer yaitu nilai arsip yang didasarkan pada kegunaan untuk kepentingan lembaga / instansi pencipta atau yang menghasilkan arsip. Nilai guna primer meliputi :
·         Nilai guna administrasi
·         Nilai guna hukum
·         Nilai guna keuangan
·         Nilai guna ilmiah
b)      Nilai guna sekunder yaitu nilai arsip yang didasarkan pada kegunaan arsip sebagai kepentingan lembaga / instansi lain, dan atau kepentingan umum di luar instansi pencipta arsip, serta kegunaannya sebagai bahan bukti pertanggungjawaban kepada masyarakat / pertanggunjawaban nasional. Nilai guna sekunder meliputi :
·         Nilai guna pembuktian
·         Nilai guna informasi
c)      Berdasarkan sifat, arsip dibedakan atas :
·         Arsip tertutup yaitu arsip yang dalam pengelolaan dan perlakuannya berlaku ketentuan tentang kerahasiaan surat – surat.
·         Arsip terbuka yakni pada dasarnya boleh diketahui oleh semua pihak / umum.
d)      Berdasarkan tingkat penyimpanan dan pemeliharaannya, arsip dibagi atas :
·         Arsip sentral yaitu arsip yang disimpan pada suatu pusat arsip, atau arsip yang dipusatkan penyimpanan dan pemeliharaannya pada suatu tempat tertentu
·         Arsip pemerintah yang mengandung nilai khusus ada yang disimpan secara nasional.
·         Arsip unit yaitu arsip yang disimpan di setiap bagian atau setiap unit dalam suatu  organisasi.
e)      Berdasarkan keasliannya, arsip dibedakan atas : arsip asli, arsip tembusan, arsip salinan, dan arsip petikan.
f)       Berdasarkan subyeknya arsip dapat dibedakan atas berbagai macam, misalnya : arsip keuangan, arsip kepegawaian, arsip pendidikan, arsip pemasaran, arsip penjualan, dan sebagainya.
g)      Berdasarkan bentuk dan wujudnya, arsip terdiri dari berbagai macam, misalnya surat.
h)      Berdasarkan sifat kepentingannya, arsip dapat dibedakan atas, arsip non esensial, yaitu arsip yang tidak memerlukan pengolahan, dan tidak mempunyai hubungan dengan hal – hal yang penting sehingga tidak perlu disimpan dalam waktu yang terlalu lama. Arsip penting yaitu arsip yang mempunyai nilai hukum, pendidikan, keuangan, dokumentasi, sejarah, dan sebagainya. Arsip vital yaitu arsip yang bersifat permanen,disimpan untuk selama – lamanya, misalnya akte, ijazah,dll.

7.      Bagaimana saudara dapat mengetahui bahwa arsip tersebut merupakan Arsip Dinamis dan jelaskan dari Siklus Arsip Dinamis.
Jawab :
Arsip dinamis adalah arsip yang masih dipergunakan secara langsung dalam kegiatan perkantoran sehari – hari.
Siklus Arsip Dinamis
·         Tahap pertama adalah merupakan tahap penciptaan
·         Tahap kedua merupakan tahap pengguaan aktif
·         Tahap ketiga adalah tahap inaktif
·         Tahap keempat ialah tahap penyusutan dan jadwal retensi arsip.

8.      Bagaimana mekanisme dari pemindahan, pemusnahan, dan penyerahan arsip yang berlaku di Pemerintahan?
Jawab :
·         Pemindahan arsip adalah memindahkan arsip dari unit pengolah ke unit kearsipan berdasarkan jadwal retensi arsip secara teratur dan tetap, yang pelaksaannya diatur oleh masing – masing lembaga atau instansi yang bersangkutan.
·         Pemusnahan / penyusutan adalah suatu tindakan yang diambil berkenaan dengan habisnya masa simpan arsip yang telah ditentukan oleh perundang – undangan, peraturan atau prosedur administratif.
·         Penyerahan arsip

9.      Jelaskan menurut pendapat saudara tentang Map, Folder, Guide, Filling Cabinet, Boxes File, Rotary Filling, Cardexs, dan a modern organization is an information based organization.
Jawab :
·         Map yaitu berupa lipatan kertas atau karton manila yang dipergunakan untuk menyimpan arsip.
·         Folder merupakan lipatan kertas tebal / karton manila berbentuk segi empat panjang yang gunanya untuk menyimpan atau menempatkan arsip, atau satu kelompok arsip di dalam filling cabinet.
·         Guide adalah lembaran kertas tebal atau karton manila yang dipergunakan sebagai penunjuk dan atau sekat / pemisah dalam menyimpan arsip.
·         Filling Cabinet adalah perabot kantor berbentuk persegi empat panjang yang diletakkan secara vertical dipergunakan untuk menyimpan berkas – berkas atau arsip.
·         Boxes file adalah kotak yang dipergunakan untuk menyimpan berbagai arsip.
·         Rotary Filling adalah peralatan yang dapat berputar, dipergunakan untuk menyimpan arsip – arsip
·         Cardexs adalah alat yang dipergunakan untuk menyimpan arsip yang berupa kartu dengan mempergunakan laci – laci yang dapat ditarik keluar memanjang.
·         A modern organization is an information based organization

10.  PT. Bank Mandiri Indonesia pada Kantor Pusat memiliki gedung dengan 12 lantai, 2 lantai digunakan untuk dokumen (arsip) dengan luas 120 m2 per lantai. Berapa kemampuan beban dari bangunan apabila menggunakan rak konvensional dan non konvensional.
Jawab :
Konvensional                          : 1200 x 120 = 144.000
Non konvensional                    : 2400 x 120 = 288.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar